Sabtu, 27 Juni 2020 389 Kali di Lihat
Product1 Product1 Product1

PEKANBARU - Jelang peringatan HUT ke-74 Bhayangkara, Kepolisian Daerah (Polda) Riau menggelar bakti sosial donor darah. Kegiatan ini bekerjasama dengan tim Relawan Peduli Covid-19 Riau, yang dilaksanakan di Hotel Furaya, Pekanbaru selama 5 hari sejak tanggal 22 sd 26 Juni 2020.

"Kegiatan donor darah ini, juga sebagai bentuk rangkayan hari bhayangkara ke-74," ungkap Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si yang meninjau langsung pelaksanaan Kegiatan Donor darah tersebut, Senin (22/6/2020) siang.

menurut Kapolda Kegiatan donor darah ini, juga sebagai bentuk kepedulian terhadap ketersediaan stok darah di PMI Pekanbaru. Hasil yang diperoleh ini, akan diserahkan untuk keperluan masyarakat yang membutuhkan.

"Donor darah ini nantinya akan diberikan kepada PMI sebagai pasokan darah yang saat ini sudah menipis stoknya. Saya rasa inilah jawabannya," terang Kapolda.

Kapolda Riau juga berharap, dengan adanya kegiatan ini pihaknya dapat menembus target dari pengumpulan donor darah ini. Tidak hanya di Polda Riau saja, tapi seluruh Polres jajaran ikut serta gelar kegiatan ini.

Dalam proses penggalangan donor darah ini, turut diikuti masyarakat dari berbagai lapisan, diantaranya organisasi masyarakat, pihak perusahaan, perbankan, Polri dan TNI serta sejumlah instansi terkait lainnya guna terciptanya tujuan bersama. 

Kegiatan ini juga terselenggara dengan tetap menjalankan aturan dari protokol kesehatan sehubungan dengan pandemi Covid-19 saat ini. Antara lain para pendonor akan terlebih dulu melaksanakan prosedur covid-19 seperti cuci tangan dan  pemeriksaan suhu tubuh oleh petugas, serta seluruh ruangan juga sudah di sterilisasi  dengan desinfectan.

Akhirnya Selama 5 hari kegiatan Bakti Sosial (Baksos) donor darah untuk disumbangkan ke PMI Pekanbaru, sukses dilaksanakan dan terkumpul sebanyak 1241 kantong.

Hal ini diutarakan oleh Kabiddokkes Polda Riau, Kombes Pol dr. Adang Azhar, Sp.F., D.F.M., tentang jumlah kantong darah yang sudah terkumpul selama 5 hari kegiatan donor darah sejak tanggal 22 Juni sampai 26 Juni 2020. 

“Adapun jumlah pendaftar  yang datang untuk donor darah berjumlah 1.672 Orang  namun darah yang bisa di ambil atau diperoleh sebayak 1.241 kantong. Darah yang gagal di ambil sebanyak 431 Orang dikarekan antara lain Hb Rendah Laki2 : 15 orang, Hb Rendah Pr : 73 orang,Hb Tinggi Laki2 : 32 orang, Hb Tinggi Pr : 5 orang, TD Rendah : 69 orang, TD Tinggi : 74 orang, BWD : 48 orang, Kurang Istirahat : 29 orang, BB Kurang : 3 orang, Menyusui : 13 orang, Post op: 6 orang, Minum obat : 31 orang, Vaksin: 8 orang, Haid : 25 orang.” ungkap Kabiddokkes.

Atas terlaksananya kegiatan donor darah ini, Kapolda Riau beserta jajarannya mengucapkan terima kasih banyak kepada Tim Relawan Peduli Covid-19  dan PMI serta atas kontribusi seluruh lapisan masyarakat Pekanbaru yang telah ikut serta partisipasi menyumbangkan darah untuk kepentingan bersama.