Kamis, 18 Juni 2020 363 Kali di Lihat
Product1 Product1 Product1

PEKANBARU – Kepolisian Daerah (Polda) Riau mengadakan kegiatan Rapid Test bagi warga secara cuma-cuma, Kamis (18/6/20).

Pelaksanaan Rapid Test Drive Thru ini dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020 dengan tema “Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif”

Berlokasi di Lapangan Purna MTQ Provinsi Riau Jalan Jenderal Sudirman. Sebanyak tiga tenda didirikan khusus untuk tempat pengecekan Corona Virus Disease 2019 (Covid 19).

Selebihnya, tenda yang didirikan diisi oleh bengkel sepeda motor yang memberikan pelayanan servis gratis selama giat berlangsung.

Uniknya, Rapid Test yang ditaja oleh Polda Riau ini, warga tak perlu turun dari kenderaan nya, khusus kenderaan roda empat.

Biasa disebut Rapid Test Drive Thru, hanya tinggal memarkirkan kenderaan didepan tenda petugas medis. Petugas pun langsung datang menghampiri.

Warga yang hendak melakukan tes, diberikan selembar kertas untuk pengisian data diri lengkap. Setelah itu, petugas pun mengambil darah untuk dites.

Setelah hasil tes didapatkan, petugas akan memberikan selembar kertas bukti hasil nya. Jika darahnya reaktif, maka petugas langsung membawa warga ke rumah sakit untuk dilakukan tes lebih lanjut. Jika non reaktif, dengan senang hati warga meninggalkan lokasi.

Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Riau, Kombes Pol Pringadhi yang juga di dampingi oleh Kabiddokkes Polda Riau Kombes Pol dr. Adang Azhar, Sp.F.,D.F.M., menyebut kegiatan ini dalam rangka bakti sosial memperingati Hari Bhayangkara ke-74.

“Kita lakukan giat rapid test dalam rangka bakti sosial Hari Bhayangkara ke -74. Kita melayani warga yang hendak melakukan tes dan ini gratis,” jawab Kombes Pol Pringadhi.

Bakti sosial hanya berlangsung satu hari saja, lantaran alat tes kesehatan sangat terbatas. Kedepan, akan diusahakan giat yang sama mengingat masih ada warga yang terpapar virus.

“Sekarang ini, kita tergetkan sekitar 300 orang, alat tes nya masih terbatas ya, dan hanya berlangsung satu hari ini saja,” tukasnya.

Dengan Bakti Sosial ini, dilaksanakan dalam rangka pencegahan penyebaran pandemi Covid-19 yang selaras dengan kebijakan pemerintah untuk melakukan penerapan protokol kesehatan di tempat pelayan publik pada masyarakat.