Jumat, 17 Januari 2020 369 Kali di Lihat
Product1 Product1 Product1

Biddokkes Polda Riau- Sebagai langkah antisipasi dan guna mengetahui kondisi kesahatan para tahanan, Polda Riau melalui Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) melakukan pemeriksaan kesehatan dan Odontogram terhadap para tahanan yang ada di ruang tahanan Direktorat Tahanan dan Barang Bukti (Dit Tahti) Polda Riau, Jum’at (17/1/2020).

Kabid Dokkes Polda Riau Kombes Pol dr. Adang Azhar, Sp.F., D.F.M., mengatakan, Tak hanya memeriksa kesehatan tahanan, sejumlah sudut ruangan juga di periksa guna mengantisipasi hal yang tidak di inginkan. Satu per satu tahanan maupun ruangan diperiksa secara teliti. Masing-masing tahanan dilihat kondisi kesehatannya oleh personel Biddokkes Polda Riau kepada para tahanan baik di Mako Polda Riau, maupun Polres/ta dan Polsek Jajaran.

“Pemeriksaan kesehatan tahanan sudah rutin dilakukan karena sudah menjadi tugas dan tanggung jawab dalam pelaksanaan tugas dilapangan,” kata Kabid Dokkes Polda Riau.

Menurutnya selama berada di ruang tahanan, para petugas melakukan pemeriksaan secara penuh. Tak hanya itu para petugas juga memberikan hak-hak hidup para tersangka dalam tindak pidana secara layak dipenuhi, seperti beribadah, makan dan minum, serta pelayanan kesehatan dan perawatan fisik lainya seperti berolahraga. Bahkan kebutuhan siraman rohani dengan pembinaan mental rohani sehingga nantinya mereka tidak mengulangi perbuatannya lagi.

“Meskipun mereka adalah tahanan, atau orang yang berbuat salah dan melanggar pasal-pasal hukum pidana yang berlaku, mereka tetap mempunyai hak untuk sehat maka dari itu laksanakan pemeriksaan. Dan memberikan sejumlah himbauan agar mereka tidak mengulangi perbuatannya lagi,” imbuh Nya.

Selain itu petugas juga melakukan penyeleksian obat-obatan yang dbawa oleh keluarga tahanan. “Semoga apa yang kami lakukan ini berdampak positif dan merupakan suatu bentuk usaha antisipasi agar tidak terjadi apa yang tidak kita inginkan bersama,” pungkas Kabid Dokkes Polda Riau Kombes Pol dr.Adang Azhar, Sp.F., D.F.M.

Dalam kegiatan tersebut Subbid Dokpol Biddokkes Polda riau melaksanakan pemeriksaan kesehatan sebanyak 70 orang dan dilakukan juga Odontogram tahanan sebnayak 21 Orang.