Jumat, 20 Desember 2019 380 Kali di Lihat
Product1 Product1 Product1

Salah satu bentuk aktualisasi budaya dan tradisi bangsa Indonesia terutama dalam rangka hari raya keagamaan atau hari raya lainnya adalah adanya keinginan untuk merayakan bersama keluarganya, lingkungan sosial dan profesi, tidak terkecuali dalam merayakan Hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, sehingga terjadi peningkatan aktifitas dan arus perpindahan baik manusia maupun barang yang berpotensi timbulnya berbagai permasalahan.

Berbagai permasalahan atau gangguan Kamtibmas yang mungkin timbul adalah:

  1. Gangguan terhadap ketertiban dan kelancaran lalu lintas
  2. Gangguan terhadap terkecukupinya kebutuhan pokok
  3. Gangguan terhadap terjamin dan terciptanya rasa aman masyarakat dalam perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, seperti :
  • Kejahatan yang bersifat konvensional.pencurian, pemerasan, perjudian, penganiayaan, dan sebagainya).
  • Perusakan rumah tinggal yang dijadikan tempat ibadah maupun kasus lain yang berlatar belakang SARA.
  • Aksi teror seperti peledakan bom, terutama di pusat keramaian, tempat ibadah dan proyek vital serta tempat – tempat penting lainnya.

Kepolsian Daerah Riau (Polda Riau) sebagai alat Negara pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, serta pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat, senantiasa berupaya memberikan pelayanan  dalam mengantisipasi gangguan Kamtibmas  yang timbul dengan menggelar kegiatan operasi “Ops Lilin Muara Takus TA 2019” yang di gelar dari tanggal 23 Desember 2019 sampai dengan 1 Januari 2020, dengan harapan meminimalisir terjadinya gangguan Kamtibmas pada saat masyarakat merayakan Hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Biddokkes Polda Riau sebagai unsur pelaksana staf khusus bidang Kedokteran Kepolisian dan kesehatan adalah Pembina fungsi Kedokteran Kepolisian dan kesehatan dalam lingkungan Polda Riau yang mempunyai tugas pokok dan fungsi mendukung operasional kepolisian dalam operasi “Ops Lilin Muara Takus TA 2019” dalam bentuk dukungan Kesehatan Kepolisian (Kespol) yaitu untuk mempertahankan derajat kesehatan petugas yang ada di lapangan agar senantiasa sehat dan samapta sehingga mampu melaksanakan tugas dengan baik dan optimal  dan dukungan Kedokteran Kepolisian (Dokpol) untuk membantu fungsi operasional Polri.

Kabiddokkes Polda Riau dr. Adang Azhar, Sp.F., D.F.M. telah membuat Rencana Fungsi tentang langkah – langkah dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Biddokkes Polda Riau beserta instansi kesehatan terkait dalam rangka mendukung kelancaran Operasi “Ops Lilin Muara Takus TA 2019” di jajaran Polda Riau.

Hal ini Untuk menyamakan visi, misi dan persepsi serta pola tindak jajaran Biddokkes Polda Riau dan instansi kesehatan lainnya, dalam rangka memberikan dukungan kesehatan terhadap petugas di lapangan dan masyarakat umum lainnya sehingga pelaksanaan Operasi “Ops Lilin Muara Takus TA 2019” Polda Riau dapat terlaksana dengan baik sesuai rencana.