Jumat, 13 Desember 2019 283 Kali di Lihat
Product1 Product1 Product1

PEKANBARU- Guna menjaga kebugaran tubuh dalam melaksanakan tugas, Kepolisian Daerah Riau bersama dengan seluruh personil melaksanakan olahraga bersama. Jumat (13/12/19) pukul 07.00 wib.

Kegiatan olah raga pagi tersebut dipimpin oleh Kabidkum Polda Riau, Adapun kegiatan diawali dengan apel pagi dan dilanjutkan dengan Jalan Santai dengan Rute Sedang.

Sejatinya, pagi hari adalah waktu ideal bagi kita untuk berolahraga. Kita tidak harus melakukan olahraga yang berat, cukup dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki. Olahraga ringan ini tidak hanya meningkatkan kekuatan otot dan sendi, tetapi juga mempertahankan kelenturan otot dan membantu sendi terlumasi dengan baik.

Dalam kesempatan itu Kaur Yankes Subbid Kespol Biddokkes Polda Riau dr. NELLY RUMINTANG M  beserta Staf Ur Yankes membagikan Leaflet  tentang “Pola Hidup Cerdik Hindari Kanker dan Deteksi Dini Kanker”. Leaflet dibagikan kepada seluruh personil Termasuk Kepada Pejabat Utama (PJU) Polda Riau di loby Mapolda.

Leaflet tersebut berisi tentang apakah tanda/gejala kanker yang harus diwaspadai, seperti tanda dan gejala kanker Tiroid, kanker paru-paru, Kanker Payudara, dan kanker Leher Rahim.

Disamping itu Leaflet  ini juga menerangkan cara untuk mecegah atau deteksi dini yang harus dilakukan. Salah satunya seperti Kanker Payudara bisa dilaksanakan deteksi dini dengan ”SADARI”. Sadari dilakukan satu bulan sekali setelah 7-10 hari setelah hari pertama haid.

Begitu pula untuk kanker leher rahim dijelaskan Setiap perempuan beresiko untuk terkena kanker leher rahim. Kanker leher rahim berkaitan erat dengan infeksi Human Papiloma Virus (HPV). Skrining kanker leher rahim dilakukan dengan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA), yang harus dilakukan secara berkala sekurangnya 3 tahun sekali. Dan bila terdapat hasil positif segeralah periksakan diri kedokter.