Kamis, 12 Desember 2019 452 Kali di Lihat
Product1 Product1 Product1

PEKANBARU- pada Kamis (12/12/19) Radio Aditya 87,6 FM Pekanbaru kembali Menyiarkan secara live Streaming tentang Kesehatan. kali ini bertajuk pentingnya kesehatan gigi dan mulut. pada kesempatan tersebut Radio Aditya 87,6 FM mengundang sebagai Narasumber AKBP drg. Agung Hadi Wjanarko, Sp.BM Kasubbid Dokpol Biddokkes Polda Riau yg Sekaligus Menjabat Sebagai Ketua PDGI Cabang Pekanbaru.

AKBP drg. Agung Hadi Wjanarko, Sp.BM menuturkan "Kesehatan bukan segalanya, namun tanpa kesehatan, segalanya tidak berarti apa-apa. Tidak jarang pula banyak orang yang menganggap bahwa kesehatan itu mahal, padahal, yang membuat mahal adalah sembuh dari sakit, bukan kesehatannya. Kesehatan juga bukan hanya tentang sembuh dari sakit, melainkan juga tentang mencari cara untuk mencegah sakit".

Cara sederhana untuk tetap sehat adalah dengan hidup , makan makanan yang sehat dan bergizi, tidur cukup, perbanyak konsumsi air putih, olahraga secara rutin, dan hindari stres. Dengan begitu, kesehatan fisik akan tetap terjaga. Namun, tahukah Anda bahwa gigi dan mulut juga sangat perlu untuk dijaga kesehatannya.

Mengingat pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, maka dianjurkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah:

  • Sikat gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi ber-fluoride
  • Makan makanan yang sehat, hindari konsumsi makanan yang mengandung manis/asam secara berlebihan
  • Ganti sikat gigi setidaknya tiga atau empat bulan sekali
  • Jangan merokok
  • Periksa kesehatan gigi dan mulut secara rutin setidaknya enam bulan sekali ke dokter gigi

Kesehatan gigi yang baik merupakan kombinasi dari perawatan sehari-hari yang tepat dimulai dari menggosok gigi dan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut secara rutin ke dokter gigi setidaknya enam bulan sekali. Jadi, jika ingin memiliki kesehatan tubuh yang optimal, jangan lupa untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Karena, menjaga kesehatan mulut Anda adalah investasi dalam kesehatan Anda secara keseluruhan.

Dalam Siaran Live Streaming tersebut ada beberapa pertanyaan dari pendengar seperti :

Apa faktor dan penyebab gigi sensitive ?

"Gigi sensitive terjadi karena akar-akar gigi yang terbuka selain itu ada faktor lain yakni umur,pola makan,pola sikat gigi yang tidak benar."

Factor dan penyebab bau nafas , dan bagaimana cara mencegahnya ?
 
"Factor bau nafas ada 2, yaitu  dari dalam seperti dari perut dan dari mulut pasien itu  tersebut. Misalnya giginya ada yang busuk, plaknya banyak, gigi yang berlubang tidak di tambal. Kalau dari mulut masih bau, cek Spsialis internis.".
 
Kenapa rokok menyebabkan gigi menjadi kuning ?
"Hal tersebut dikarenakan ada zat nikotin yang terkandung didalam rokok, sehingga menempel di permukaan gigi."
 
Bagaimana cara membersihkan gigi bagi perokok, lalu pastagigi yang mana , yang cocok bagi perokok ?
"Seperti biasa saja, dan harus ke dokter gigi untuk membuat gigi perokok tersebut jika ingin  menjadi putih  kembali. Dan hindari merokok supaya gigi kita, tidak rusak, dan tidak menjadi kuning."
 
“Penyuluhan memalui radio sangat efektif karena secara tidak langsung kita bisa menyampaikan pesan kita kepada pendengar, dan pendengar dalam keadaan santai dapat menikmati penyuluhan yang kita sampaikan”. Ujar drg. Agung kepada salah satu penyiar di Radio Aditya 87,6 FM Pekanbaru.